Inilah 5 Cara Mudah Untuk Mengatur Pikiran

Inilah 5 Cara Mudah Untuk Mengatur Pikiran

Meditasi ketenangan pikiran
(Katakansaja.com) - Bagaimana keberadaan dunia luar kita sangat bergantung dari bagaimana keadaan didalam diri kita , dan hal ini terutama berawal dari apa yang ada didalam pikiran kita oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengatur atau mengelola pikiran kita.

Sebagai contohnya mungkin ketika pikiran tampak sangat kacau maka seolah hidup ini juga berjalan dengan kacau, pikiran mempengaruhi bagaimana kita memandang kehidupan dan tentu saja sangat mempengaruhi kualitas kehidupan kamu , seperti kata pepatah "sebuah teko hanya mengeluarkan isi didalam teko tersebut".

Setiap hari pikiran bergerak dengan sangat cepat ada berbagai hal penting yang masuk dan ada juga hal-hal tidak penting atau bisa dikatakan "sampah pikiran yang masuk". Kesempatan kali ini saya ingin berbagi buat kamu semua tentang 5 cara mengatur pikiran , hal-hal sederhana yang akan membuat pikiran lebih teratur , yuk kita simak berikut ini :

1. Jaga Kerapian Ruang Kerja Dan Kamarmu.

Menjaga kerapian rumah , ruang kerja atau kamar sangat mempengaruhi pikiran kita , bagaimana kamu menaruh barang-barang dan barang apa saja yang ada disitu.

Ketika kamu terlalu banyak menyimpan barang-barang yang tidak kamu gunakan kamu hanya akan memenuhi ruangan dengan hal-hal yang tidak penting dan tentu saja akan menyita perhatian pikiran kamu.

Jika pikiranmu saat ini terasa berantakan atau sulit berpikir maka saya sarankan untuk memulai merapikan tempat tinggalmu setiap hari , hal ini setidaknya akan membantu pikiranmu lebih fresh, taruh setiap barang pada tempatnya , barang yang sering kamu pakai taruh ditempat yang mudah kamu jangkau, barang privasi simpan ditempat yang semestinya.

Kumpulkan dan pilah barang apa saja yang benar-benar kamu butuhkan , rapikan mejamu , lemari dan tempat tidurmu , keluarkan semua barang dan buang yang tidak kamu butuhkan, kamu bisa memberikan kepada orang lain atau menjualnya sebagai barang bekas.

Sebagai contoh mungkin banyak buku-buku lama yang sudah tidak pernah kamu baca lagi , atau koleksi baju-bajumu yang jarang kamu pakai , sebaiknya kamu rapikan dan keluarkan dari lemarimu , berikan kepada mereka yang membutuhkan.

Keadaan tempatmu yang rapi dan hanya diisi dengan barang-barang yang memang hanya kamu butuhkan akan membuatmu lebih segar dan tentu saja ruangan akan lebih luas yang memungkinkan untuk diisi dengan hal-hal baru, dan pastinya perhatian pikiran akan lebih fokus dengan hal-hal penting yang ada disitu.

2. Rapikan File Di Komputer Dan Ponselmu.

Saat ini ponsel dan komputer sudah menjadi salah satu alat kebutuhan kebanyakan orang yang ada didalam kehidupan sehari-hari, tentunya hal ini juga akan mempengaruhi pikiran kita.

Sebagai contoh ketika kamu menyimpan terlalu banyak file yang tidak kamu butuhkan di komputermu , selain akan membuat kinerja hardisk jadi lambat juga akan menyulitkan kamu ketika ingin mencari file-file yang kamu butuhkan.

Kebiasaan orang-orang seringkali menyimpan tumpukan file atau menginstall begitu banyak aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan ,kadang ada juga menyimpan begitu banyak mp3 atau foto-foto yang memang sudah jarang sekali atau bahkan tidak pernah dipakai.

Merapikan file di komputer dan ponselmu akan sangat membantu untuk mengatur pikiranmu , mulai sekarang jika kamu setiap hari menggunakan ponsel dan komputer maka kamu wajib merapikan file dikomputer dan ponselmu ini ibarat rumah virtual buatmu dimana kamu menyimpan hal penting dan banyak hal disitu, taruh file ditempat semestinya jangan biarkan acak-acakan , taruh game difolder game dan file lainya ditempatnya.

3. Jangan Memikirkan Hal-hal Yang Tidak Perlu Kamu Pikirkan.

Kualitas hidup seseorang ditentukan dari apa yang paling sering dipikirkan, ketika seseorang lebih banyak memikirkan hal-hal yang tidak penting atau hal-hal yang tidak perlu dipikirkan maka hidupnya akan menjadi tidak penting atau jauh dari kualitas.

Hal-hal yang tidak perlu dipikirkan disini artinya semua hal yang tidak bisa membuatmu jadi lebih baik atau setiap hal yang membuatmu semakin jauh dari tujuanmu.

Sebagai salah satu contoh ketika kamu akan memulai suatu usaha namun dipikiranmu sudah muncul suara suara bagaimana jika nanti terjadi kegagalan atau bagaimana jika nanti ada banyak saingan dan kemudian kalah , hal ini merupakan indikasi bahwa kamu sedang terjebak dalam memikirkan hal-hal yang tidak perlu kamu pikirkan.

4. Tuliskan Isi Pikiranmu.

Setiap hari pikiran kita akan memikirkan banyak hal mulai dari yang penting sampai perkara yang remeh, mulai dari hal yang menyenangkan dan menyedihkan, pikiran juga akan memunculkan ide ide untuk membuat hidup kita berkembang dan menjadi lebih baik.

Salah satu rahasia dari kerja pikiran adalah ketika kita memiliki keinginan yang kuat dan belum terwujud maka akan cenderung terus menjadi bahan yang dipikirkan, maka hal ini bisa menghambat ketika kamu ingin memikirkan hal penting lainnya , atau menutup kesempatan-kesempatan lain dalam kehidupan.

Maka untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengatur pikiran dengan cara menuliskanisi pikiranmu, kamu bisa mencatat atau menuliskan hal apa saja yang ada didalam pikiranmu.

Mulai dari masalah-masalah yang ingin kamu atasi, tugas yang ingin kamu selesaikan , kegiatan , atau tujuan-tujuan yang ingin kamu capai.

Tuliskan saja semua isi dari pikiranmu meskipun hal itu terkesan aneh dan lucu tetap tuliskan saja , hal ini akan membantu tugas pikiran untuk berpikir, dengan menuliskan atau mencatat kamu sudah selangkah lebih maju yaitu kamu sudah bertindak yang sebelumnya hal itu hanya sebuah pikiran sudah berubah menjadi tulisan.

Dari semua isi pikiran yang sudah kamu tulis tadi selanjutnya kamu bisa melakukan seleksi , apa saja yang penting dan harus segera dilakukan dan membuang yang tidak penting atau sampah-sampah pikiran.

5. Melakukan Relaksasi , Perenungan Atau Meditasi.

Setelah kamu melakukan keempat hal tadi maka langkah terakhir selanjutnya adalah merenung atau meditasi , bisa kamu lakukan setiap hari sebelum tidur atau diwaktu waktu tertentu berikan waktu untuk dirimu sendiri dan biarkan pikiranmu berkata dengan jujur.

Merenung atau meditasi yang kita bicarakan disini adalah dengan cara yang sederhana yaitu kamu bisa meluangkan waktu duduk diam dengan suasana yang tenang sendirian memejamkan mata dan biarkan pikiranmu bergerak atau bersuara tanpa perlu kamu lawan biarkan saja.

Tugasmu adalah membiarkan pikiran bersuara tentang apa saja tanpa perlu kamu perintah ataupun kamu bantah, dengan cara ini akan membantu pikiran untuk menemukan ketenangan, jangan berusaha mengendalikan pikiran saat kamu meditasi melainkan biarkan saja pikiran mengalir menemukan ketenangan , ketika muncul suara-suara riuh pikiran abaikan saja jangan tanggapi.

Itulah 5 langkah yang bisa kamu praktekkan setiap hari untuk mengatur pikiran, perlahan belajar dan praktekkan sedikit demi sedikit mulai dari yang paling mudah agar pikiranmu selalu fresh dan lebih baik untuk mendapatkan kualitas hidup yang bermanfaat.

Gerak dari pikiran akan mempengaruhi suasana hati dan irama perasaan , hal ini menjadi salah satu alasan penting mengapa kita harus menjaga pikiran kira agar selalu tenang , pikiran yang sehat dan damai akan membuatmu lebih bahagia dan lebih mudah dalam menghadapi setiap tantangan dalam kehidupan.

Berhentilah memikirkan hal-hal yang memang tidak perlu kamu pikirkan dan mulai pikirkan semua hal baik apa saja yang kamu inginkan seperti yang kamu harapkan , awasi setiap gerak pikiran yang akan membuatmu bingung karena dipenuhi dengan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu kamu pikirkan, pikirkan saja hal baik yang memang kamu inginkan jangan sebaliknya. Terima kasih , Semoga bermanfaat
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: